Monday 12 December 2016

Apa itu Harbolnas ???

Harbolnas
    
Hari Belanja Online Nasional adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember tiap tahun.




     Hari ini tepatnya tanggal 12 Desember 2016 HarBOlNas kembali diadakan dengan  200+ E-commerce yang akan ikut serta berprtisipasi, dan tentunya Diskon besar - besaran akan dibuka. Dikutip dari www*harbolnas*com.

Harbolnas

SEJARAH HARBOLNAS

     Di negara luar seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Kanada, dll terkenal sebuah perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday dimana para Start-up atau peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran oanen akhir tahun) untuk menarik konsumen berbelanja Online. Cyber Monday sebenarnya diilhami dari perayaan belanja Black Friday (dulu pernah saya bahas) yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Black Friday identik dengan dimulainya musim belanja Natal. Selama perayaan hari belanja Black Friday, toko-toko buka lebih lama dan berlomba-lomba menawarkn diskon besar-besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli. Mengapa disebut Black Friday, karena pada hari tersebut neraca pembukuan meeka berubah dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Ketika para retailer beroperasi pada bulan Januari - November, kebanyakan mencatat kerugian/negatif dikiaskan tinta merh, kemudian mendapat banyak profit dari penjualan besar ketika menjelang natal dan libur Thanksgiving Day (Black Friday). 

     Kampanye Hari Belanja Online Nasional ( HARBOLNAS ) dikenal juga sebagai hari #1212Sale, ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online yang aman, nyaman, terpercaya dan dilakukan kapan dan dimana saja. Tidak hanya itu saja, kampanye yang digelar selama 24 jam ini juga memiliki misi untuk memajukan industri E-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbujhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini mencapai 130 juta jiwa pengguna. Di Indonesia acara seperti Cyber Monday atau Black Friday baru dimulai pada tanggal 12 Desember 2012, dengan tajuk tanggal cantik promo 12.12.12, perayan ajakan untuk berbelanja Online yang dipelopori oleh LAZADA dan 6 e-commerce lain dengan cara memberikan promo spesial dan diskon besar. sekarang LAZADA tidak sendiri, beberapa E-commerse dan start-up lainnya seperti BUKALAPAK, BLI-BLI, ALFACART, TOKOPEDIA, ZALORA dll, turut andil dalam merayakan perayaan Belanja Online ini. Hari Belanja Online Nasional ini pun juga didukung oleh media besar seperti Detik, Tempo, Kompas,dll. Diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online Nasional juga cukup besar yaitu mencapai 80%.

Harbolnas
Harbolnas
Harbolnas

So, buruan ikut HarBOlNas, mumpung masih ada waktu,, hehe

Thanks, moga bermanfaat.
Share & Like yaa.....
Load disqus comments

0 comments