Friday 9 December 2016

Jenis File System pada Hardisk

file sistem hardisk
Hardisk adalah suatu media penyimpanan yang biasanya kita jumpai baik dalam laptop, PC maupun sebagai penyimpanan luar atau dikenal Hardisk Eksternal. Nah, hardisk mempunyai kapasitas yang besar untuk menyimpan data-data, dan kapasitas yang besar itu membutuhkan setting susunan yang tinggi untuk mencegah masalah dalam hardisk. Hardisk dapat tersusun dengan baik dengan adanya file system. Sebelum sitem operasi terinstal, file system akan di setting terlebih dahulu.

Kita ketahui sistem operasi saat ini bervariasi, umunya yaitu windows dan linux dan pengaturan file systemnya pun berbeda. Nah, kali ini saya akan membahas file system tersebut dengan perbedaanya.

#FAT (FILE ALLOCATION TABLE)

file sistem hardisk

   File system ini umumnya digunakan dalam suatu komputer di seluruh dunia dan dikembangkan oleh Microsoft. Fat telah ada sejak lama dan dikembangkan hingga ada FAT16 dan FAT32, meskipun masih tetap disebut FAT. file sytem FAT sendiri hanya bisa menampung atau menyimpan file hingga 4Gb. FAT ini pun sekarang sudah tidak digunakan lagi pada hardisk melainkan lebih digunakan untuk Flashdisk atau Micro SD. Hampir semua sitem operasi mendukung file system FAT, sehingga dapat dibaca oleh perangkat apapun. Mengubah format drive ke file system FAt juga sangat mudah dilakukan.

#NTFS (NEW TECHNOLOGY FILE SYSTEM)

file sistem hardisk

   Ini merupakan file system terbaru yang dibuat oleh Microsoft dari Windows 98 sampai sekarang. File sytem ini merupakan file sytem yang mampu menyimpan catatan semua operasi yang dilakukan device. Journal ini dapat membantu mendeteksi kesalahan dan memulihkan dari device ketika terjadi kegagalan drive atau pemadaman listrik. NTFS sekarang mendukung penyimpanan 16TB, dengan penyimpanan maksimal 256TB. Meskipun tidak universal seperti FAT yang bisa didukung semua sistem operasi, NTFS lebih cocok digunakan untuk hardisk.

#HFS+

file sistem hardisk

   File sytem ini dibuat ole Apple untuk komputernya yaitu Macintosh. Strukturnya sama dengan NTFS, File sytem HSF+ ini mendukung penyimpanan hingga 1 juta TB, dan mendukung file system journal yang mampu melakukan recovery ketika driver error. Karena hanya dibuat untuk Macintosh yang didasari UNIX, file system ini hanya terbaca di Mac dan Linux tetapi tidak untuk Windows. 

#UFS (UNIX FILE SYSTEM)

file sistem hardisk

   File system ini biasanya digunakan oleh system operasi UNIX, yang biasanaya dipanggil denag BSD (Berkeley Fast File system) atau FFS. Dengan penyimpanan maksimal hingga 8 ZB, Mac OS X sebelum versi Leopard juga mendukung file system UFS. Namun setelah Mac OS X v10.5, file system ini tidak digunakan lagi dan Mac menggunakan HFS+.

#ext4

file sistem hardisk

   File system ini paling banyak dipakai untuk sistem operasi Linux. et4 adalah penerus dari ext 3 dan ext 2, dimana mengalami peningkatan kinerja dan teknik yang berbeda. File system ini juga memiliki journal yang mampu melakukan recovery ketika drive error. ext4 hanya mampu mendukung hardisk dan tidak mendukung removable disk seperti Flashdisk dan Micro SD. ext4 mendukung penyimpanan hingga 16 TiB atau 1,099 TB dan maksimal 1 Eib. Pengguna Windows dapat membaca file system ext dengan bantuan software.

#btrfs

file sistem hardisk

   File system ini biasa disebut B-Tree FS, Better FS adalah file sytem untuk Linux yang bertujuan untuk memperbaiki banyak masalah dari ext. Perbedaanya btrfs dan ext adalah penyimpanan maksimal 16 EiB, serta kemampuan pooling data, waktu perputaran disk nanodetik, snapshot, kompresi transparan, enkripsi transparan dan data deduplication. Satu-satunya sistem operasi yang mendukung btrfs adalah Linux dimana saat ini dianggap stabil.

#ZFS

file sistem hardisk

   File system terkenal di dunia UNIX. dengan dukungan maksimal hingga 16 EB yang tidak diketahui kinerjanya, namun memiliki kemampuan seperti perlindungan data korupsi, kombinasi sitem file dan konsep manajemen volume (termasuk pooling) dan lainnya. ZFS ini dianggap stabil sejak tahun 2005, dan didukung untuk Mac OS x 10,5 server, Linux dan sebian kecil sistem operasi seperti UNIX. Meskipun hampir sama dengan btrfs, namun kinerja ZFS tidak menjanjikan. Terlebih lagi ZFS lebih digunakan untuk perusahaan besar dan tidak untuk rumahan.

    Sebenarnya masih ada banyak lahi file system di luar sana yang belum diketahui tapi yang sering dijumpai adalah yang saya sebutkan diatas. Dan itu sudah lebih dari cukup untuk menambah wawasan kamu tentang file system.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa bagikan ilmu ini ke teman-temanmu biar mereka juga tahu.. Okeee.

Load disqus comments

0 comments