Saturday 19 July 2014

Tutorial Instal Windows 7 ultimate dengan Benar

windows 7
Sebelumya saya pernah share tutorial Instal windows 8, kali ini saya mau bagikan cara instal adeknya nih.. heheh.. windows 7 ultimate dengan benar ya... oke ikutin ini :

Langkah Pertama, Backup Data Penting yang ada di Partisi C
Persiapan awal yang harus Anda lakukan sebelum instal ulang Windows 7 adalah melakukan backup data penting yang terdapat di komputer Anda. Dalam hal ini umumnya lokasi instalasi Windows 7 berada di drive C. Di drive C ini biasanya data bisa Anda temukan di dalam folder-folder Libraries seperti folder Pictures, folder Documents dan juga di folder user seperti My Documents, Downloads dan beberapa folder lainnya.
Langkah kedua, Masukkan Instalan Windows 7  ke CD atau Flashdisk
Pada langkah ini Anda perlu menyiapkan media penyimpanan file installer Windows 7. Media penyimpanan ini bisa berupa keping DVD atau USB flash drive. Khusus untuk penggunaan USB flash drive, sebaiknya pilihlah USB flash drive dengan kapasitas paling tidak 4GB atau lebih. Selain itu Anda juga memerlukan aplikasi pendukung yang bernama Windows 7 USB DVD Download Tool. Aplikasi ini nantinya akan membantu Anda untuk menyimpan file installer Windows 7 di USB flash drive
Langkah ketiga, nyalakan Laptop / Pc Anda

Langkah keempat, Masukkan CD/Flasdisk Instalasi Windows

Langkah kelima, Saat meyalakan Laptop / Komputer anda, Masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).


 Langkah keenam,
Muncul Tampilan Bios Setup seperti gambar di bawah ini. ( Tampilan Bios Setup Berbeda-beda dilihat dari segi Merek Laptop/PC dan Versi Biosnya )
 Langkah ketujuh,
Pilih Menu BOOT (pakai arah panah keyboard anda), lalu Tempatkan CD pada urutan pertama(jika instalasi window menggunakan CD), atau Tempatkan Flashdisk pada urutan Pertama(jika anda menggunakan Flashdisk). Note: Gunakan "f5 dan f6" untuk merubah urutan/posisi.
s
 Langkah Kedelapan,
Setelah selesai, geser arah panah ke Menu EXIT, dan pilih "Exit Saving Change".
 Pada proses ini " Tekan Sembarang untuk Melanjutkan"... dan akan terestart.
 Di Tahap ini kita tidak melakukan apapun


 Pilih dan sesuaikan yang adadi bawah ini. "umumnya sudah terpilih yang jelas Languange nya itu English", hehehe..
 Kemudian, Klik "Instal Now"
 Lalu, pilih/centang " I Accept The Licenes Terms",,
 tunggu....
 Pilih "Custom Advanced"
 "Tahap Penting"
Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C: (disinilah tempat kita menginstal windows), dan Ketiga Data alias D:. Jadi jangan sampai salah pilih partisi, kehilangan data anda tanggung sendiri, hehehe.....
Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:
Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di D: atau E:

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete,


kemudian klik partisi Unlocated dan pilih New terus klik OK - OK aja, sampai tampilan pada gambar dibawah ini 
Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi (Disk Partition 2) "tempat windows akan di instal", Kemudian Klik "Next"
tunggu +- 30 menit... disinilah proses instalasi windows berlangsung..
setelah selesai, laptop akan terestart. Note: Jika menggunakan CD/DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart/layar mati) Flash disk HARUS dicabut.
 Tekan sembarang untuk melanjutkan
 tunggu...
Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh.
 Isikan Nama User dan Tipe Laptop/Komputer Anda,, bebas, Trus Klik Next
 abaikan klik Next..
 Next aje..
 Biasanya Pilih " Ask Me Later" Saja.
 Sesuaikan dengan wilayah anda.. Saya Wilayah Makassar jadi GMT + 8 Hongkong, dll..
 Selamat Proses Instalasi Sudah Berjalan Dengan Benar

"Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai".
Load disqus comments

0 comments